Susu kambing merupakan sumber olahan susu yang kaya nutrisi seperti kalsium, protein, dan asam lemak esensial dalam susu kambing menjadikannya bahan baku yang potensial untuk diolah menjadi berbagai produk, salah satunya adalah es krim. Es krim digemari oleh berbagai kalangan karena rasanya yang lezat dan teksturnya yang lembut. Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis faktor-faktor internal dan eksternal yang memengaruhi kelangsungan dan pengembangan usaha es krim berbahan dasar susu kambing. Metode SWOT digunakan untuk mengidentifikasi Strengths (Kekuatan), Weaknesses (Kelemahan), Opportunities (Peluang), dan Threats (Ancaman) yang ada dalam usaha es krim susu kambing, melalui proses wawancara dan observasi lapangan. Disimpulkan bahwa usaha es krim susu kambing memiliki potensi yang cukup besar di pasar, terutama dengan meningkatnya tren hidup sehat dan pencarian produk-produk unik oleh konsumen. Namun, keberhasilan usaha ini sangat tergantung pada strategi pemasaran, edukasi pasar, dan manajemen rantai pasok yang efektif.
Copyrights © 2025