Permasalahan sampah menjadi isu global yang sampai saat ini masih mencari solusi yang efektif dan efisien untuk menguranginya. Pemerintah Provinsi Jawa Timur melalui Dinas Lingkungan Hidup (DLH) telah memberikan edukasi positif kepada masyarakat melalui Inovasi Jatim Bersih dan Lestari (Berseri). Inovasi ini berupa lomba pemanfaatan daur ulang sampah yang bernilai ekonomis serta menciptakan budaya hidup bersih dan sehat di seluruh desa di Jawa Timur. Pemprov Jatim memanfaatkan platform media digital sebagai sarana komunikasi kampanye pelestarian lingkungan. Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis bagaimana bentuk ekspresi visual yang digunakan dalam kanal DLH Provinsi Jawa Timur dan bagaimana efektivitasnya dalam membangun kesadaran audien. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan metode deskriptif. Data diperoleh melalui studi pustaka dan analisis konten video yang di publish. Hasil penelitian menunjukkan bahwa kanal ini memiliki perbedaan dengan lainnya karena setiap daerah memiliki potensi yang berbeda sehingga membuat audien tertarik. Temuan ini menegaskan pentingnya strategi konten berbasis narasi yang relevan dan menyentuh untuk mengoptimalkan peran media digital dalam kampanye sosial dan lingkungan kepada masyarakat luas.
Copyrights © 2025