Teknologi yang semakin meningkat menyebabkan berbagai hal dilakukan dengan sangat cepat. Salah satu variabel yang dapat membantu masyarakat untuk bergerak cepat dan efisien adalah transportasi. Salah satu transportasi yang digunakan adalah sepeda motor. Jumlah kendaraan sepeda motor mengalami peningkatan dari tahun ke tahun puncaknya di tahun 2022 dengan jumlah 125.305.332 unit. Peningkatan jumlah kendaraan bermotor ini menyebabkan kebutuhan akan perawatan kendaraan bermotor juga meningkat, sehingga membuka peluang usaha yang cukup besar dalam usaha jasa perbaikan dan perawatan sepeda motor seperti Bengkel. Tujuan dalam penelitian ini adalah untuk menentukan faktor internal dan faktor eksternal Bengkel Kukun Motor serta menentukan strategi yang tepat dalam pengembangan usaha Bengkel Kukun Motor. Metode penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah dengan menggunakan analisa SWOT berupa penelitian deskriptif dengan pendekatan kualitatif. Pada penelitian ini di peroleh hasil analisis faktor internal dan eksternal Bengkel Kukun Motor. Hasil penelitian lainnya berupa strategi pengembangan bisnis Bengkel Kukun Motor berada pada kuadran I pada diagram SWOT sehingga Bengkel Kukun Motor sebaiknya menerapkan strategi growth yang artinya Bengkel Kukun Motor berada dalam posisi yang prima dan mantap, sehingga dimungkinkan untuk terus menjalankan berkembang, melakukan ekspansi, memperbesar pertumbuhan untuk meraih kemajuan secara maksimal.
Copyrights © 2025