Tujuan penelitian ini untuk meningkatkan keterampilan siswa dalam menulis karya ilmiah melalui model Project Based Learning (PjBL) berbasis media pembelajaran digital pada siswa kelas XI F4 semester genap tahun pelajaran 2023/2024. Metode penelitian menggunakan penelitian tindakan kelas. Penelitian ini mencakup 2 siklus yang mana masing-masing siklus mencakup 4 tahap yaitu: perencanaan, pelaksanaan, observasi, dan refleksi. Waktu penelitian dari bulan Februari sampai bulan April 2024 dengan subjek penelitian sebanyak 36 siswa. Data dikumpulkan melalui tes, observasi, dan dokumentasi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa terjadi peningkatan keterampilan menulis karya ilmiah yang signifikan pada siswa kelas XI F4. Hal ini dibuktikan dengan hasil rata-rata tes menulis karya ilmiah pada setiap siklus meningkat yaitu pada prasiklus = 72,08; siklus 1 = 83,42; siklus 2 = 86,38 dan hasil observasi yang dilakukan menyimpulkan bahwa keterampilan menulis karya ilmiah melalui model PjBL berbasis media pembelajaran digital adalah menyenangkan bagi siswa. Penelitian ini menyimpulkan bahwa melalui media pembelajaran digital dapat meningkatkan keterampilan menulis karya ilmiah.
Copyrights © 2025