Jurnal Idiomatik: Jurnal Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia
Vol. 7 No. 2 (2024): IDIOMATIK: Jurnal Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia

Implementasi Model Pembelajaran Cooverative Integrated Reading and Compotition dalam Meningkatkan Hasil Belajar Bahasa Indonesia Siswa Kelas V SD Inpres Bontoala I

Alimuddin, Tri Herdian Syah (Unknown)
Aryanti, Aryanti (Unknown)
H., Rahmawati (Unknown)



Article Info

Publish Date
30 Dec 2024

Abstract

Jenis penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas (PTK) penelitian ini bertujuan untuk: (1) untuk mengetahui hasil belajar siswa sebelum dan sesudah menggunakan model pembelajaran Cooperative Integrated Reading and Compotition (CIRC), (2) untuk mengetahui penggunaan model pembelajaran Cooperative Integrated Reading and Compotition (CIRC) pada pembelajaran dalam meningkatkan hasil belajar siswa pada materi pembelajaran Bahasa Indonesia di kelas V SD Inpres Bontoala I. Penelitian ini dilakukan II siklus, perencanaan, pelaksanaan, observasi, refleksi. Berdasarkan tes awal (Pra tindakan) persentase ketuntasan klasikalnya diperoleh 0% orang. Setelah menggunakan model pembelajaran Cooperative Integrated Reading and Compotition (CIRC), tes hasil belajar siswa pada siklus I menunjukkan persentase ketuntasan klasikalnya 27,27% (6 orang), sedangkan pada siklus II diperoleh hasil belajar dengan ketuntasan klasikalnya 81,81% (18 orang). Sehingga disimpulkan bahwa ada peningkatan hasil belajar siswa melalui pembelajaran Cooperative Integrated Reading and Compotition (CIRC) materi puisi pada pelajaran Bahasa Indonesia kelas V SD Inpres Bontoala I.

Copyrights © 2024






Journal Info

Abbrev

idiomatik

Publisher

Subject

Languange, Linguistic, Communication & Media

Description

Jurnal Idiomatik adalah jurnal yang diterbitkan oleh Program Studi Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia FKIP Universitas Muslim Maros. Diterbitkan dua kali dalam setahun, yaitu pada bulan Juni dan ...