Media sosial TikTok bukan hanya dimanfaatkan sebagai sarana hiburan, tetapi juga dapat dipergunakan sebagai sarana promosi. Pemanfaatan TikTok sebagai sarana promosi, dilakukan dengan memadukan tayangan visual dengan penggunaan gaya bahasa persuasif. Gaya bahasa persuasif merupakan gaya bahasa yang digunakan dalam iklan dengan tujuan untuk menarik perhatian audiens, sehingga audiens tertarik untuk mencoba atau membeli produk yang ditayangkan. Problematika yang akan dibahas pada riset ini yakni ragam gaya bahasa persuasif yang muncul dan makna gaya bahasa dalam video-video di akun media sosial TikTok “@kuliner1menit_”. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mendeskripsikan ragam gaya bahasa persuasif yang muncul dan makna gaya bahasa dalam video-video di akun media sosial TikTok “@kuliner1menit_”. Metode yang dipergunakan merupakan metode deskriptif analisis dengan pendekatan kualitatif. Teknik yang digunakan adalah teknik rekam dan catat. Sumber data diperoleh akun media sosial TikTok “@kuliner1menit_”. Video yang digunakan sebagai sumber data dipilih secara acak sebanyak 10 video yang ditayangkan selama bulan Oktober 2024. Hasil penelitian menunjukkan gaya bahasa yang muncul dalam iklan berupa gaya bahasa repetisi, retoris, hiperbola, dan personifikasi
Copyrights © 2025