Penelitian ini menganggap penggunaan animasi sebagai dukungan pembelajaran berbasis teknologi untuk meningkatkan dinamika pembelajaran mahasiswa. Antara perkembangan cepat teknologi informasi dan komunikasi, pendidikan membutuhkan transformasi kreatif dalam metode pembelajaran. Kartun diakui sebagai alat yang efektif untuk memperkaya pengalaman belajar mahasiswa berkat kinerja visual yang jelas dan interaksi. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk menganalisis dokumen yang terkait dengan penggunaan animasi sebagai sarana pembelajaran untuk belajar, untuk menemukan keuntungan dan tantangan menggunakannya, dan menyampaikan kontribusi studi ini dalam mengembangkan kegiatan pembelajaran kreatif. Metode yang digunakan dalam studi ini adalah pengembangan perangkat lunak RAD (Rapid Application Development), dimana data yang diperoleh dengan menganalisis sumber teoritis dan penelitian yang terkait dengan Hasil penelitian dari dokumen menunjukkan bahwa animasi memiliki potensi besar untuk untuk meningkatkan motivasi, partisipasi, kreativitas, dan pembelajaran pribadi mahasiswa. Namun, bagi para pendidik dan peneliti untuk memperhatikan konsep-konsep animasi yang baik dan peran pendidik di menciptakan kondisi yang menguntungkan untuk penggunaan animasi. Penelitian ini berkontribusi pada pengembangan praktik pembelajaran kreatif dan memperkaya pemahaman tentang penggunaan animasi sebagai sarana pembelajaran yang efektif dalam meningkatkan dinamika pembelajaran.
Copyrights © 2025