Abstrak. Petugas layanan di UPT PPA Provinsi Sulawesi Selatan menjalankan tugas dengan tanggung jawab yang tinggi dan beban emosional yang kompleks, sehingga berisiko mengalami ketidakseimbangan antara kehidupan kerja dan pribadi. Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan pengetahuan petugas mengenai work-life balance melalui intervensi psikoedukasi. Kegiatan dilaksanakan dengan metode ceramah interaktif menggunakan desain quasi-eksperimen one group pretest-posttest. Sebanyak 12 petugas mengikuti kegiatan ini. Hasil analisis data menggunakan uji Mann-Whitney menunjukkan nilai signifikansi <0.001 (<0.05), yang berarti terdapat peningkatan pengetahuan setelah intervensi. Temuan ini menunjukkan bahwa psikoedukasi efektif dalam meningkatkan pemahaman peserta tentang work-life balance. Penelitian ini menyarankan agar dilakukan evaluasi jangka panjang serta mengombinasikan psikoedukasi dengan intervensi lain seperti pelatihan manajemen stres atau coaching karier untuk memperkuat dampak yang dihasilkan. Kata Kunci: psikoedukasi, work-life balance, petugas, UPT PPA
Copyrights © 2025