Anak usia sekolah dasar merupakan pondasi dan aset vital dalam revolusi sumber daya manusia di Indonesia. Memerhatikan kecukupan gizi anak menjadi salah satu indikator keberhasilan revolusi tersebut. Tujuan penelitian ini adalah untuk menganalisis pengaruh media tapak bulan terhadap pengetahuan dan perilaku siswa terkait Pedoman Gizi Seimbang. Metode penelitian ini bersifat quacy experimental dengan jenis penelitian pra-eksperimental dan rancangan yang digunakan yaitu one group pre-test post-test design. Populasi dalam penelitian ini adalah siswa kelas 4 dan 5 SD. Sampel sebanyak 30 anak menggunakan rumus Lemeshow dan diambil menggunakan teknik proportionate random sampling. Instrumen yang digunakan adalah Permainan Tapak Bulan, Flipchart Pedoman Gizi Seimbang, Powerpoint, dan Kuesioner. Hasil penelitian ini adalah terdapat perbedaan signifikan pada variabel pengetahuan anak, pengetahuan ibu, dan perilaku ibu sebelum dan sesudah intervensi, serta tidak terdapat perbedaan signifikan pada variabel perilaku anak sebelum dan sesudah intervensi. Ibu dan instansi sekolah disarankan terus meningkatkan pengetahuan dan penerapan gizi seimbang anak.
Copyrights © 2025