Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh electronic word of mouth dan content marketing terhadap Keputusan pembelian pada e-commerce shopee, Objek penelitian ini adalah Pengguna e-commerce shopee di Indonesia, dengan populasi sebanyak 100 responden. Jumlah sampel penelitian sebanyak 100 responden ditentukan dengan menggunakan rumus Rao Purba. Sedangkan teknik sampling penelitian yang digunakan adalah Convenience Sampling. Jenis data penelitian kuantitatif dan metode pengumpulan data dilakukan dengan kuesioner. Metode analisis data deskriptif kuantitatif yang meliputi : uji asumsi dasar, regresi linear berganda, uji asumsi klasik, uji hipotesis, dan koefisien determinasi R2. Hasil penelitian menunjukan bahwa uji hipotesis secara persial variabel electronic word of mouth maupun content marketing berpengaruh positif dan signifikan terhadap Keputusan pembelian, Sedangkan uji hipotesis secara simultan menunjukan bahwa secara Bersama-sama electronic word of mouth dan content marketing berpengaruh positif dan signifikan terhadap Keputusan pembelian. Hasil ini dapat diperkuat dengan koefisien determinasi yang menunjukan bahwa nilai r square sebesar 27,8% yang artinya kemampuan variabel independent dalam mempengaruhi perubahan variabel dependen cukup kuat.
Copyrights © 2025