Relevan : Jurnal Pendidikan Matematika
Vol 5 No 2 (2025): Relevan : Jurnal Pendidikan Matematika

PENGARUH RME TERHADAP KEMAMPUAN PEMECAHAN MASALAH MATEMATIS SISWA BERBANTUAN MEDIA TIGA DIMENSI

Widayanti, Ery (Unknown)
Cholis, Nur (Unknown)



Article Info

Publish Date
30 Apr 2025

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui ada atau tidaknya pengaruh Realistic Mathematics Education (RME) terhadap kemampuan pemecahan masalah matematis siswa dengan bantuan media tiga dimensi, serta untuk mengetahui seberapa besar pengaruh tersebut di Madrasah Tsanawiyah Negeri 3 Blitar Tahun Ajaran 2022/2023. Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif dengan jenis penelitian eksperimen. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas VII MTs Negeri 3 Blitar yang berjumlah 312 siswa. Sampel penelitian terdiri dari kelas VII-C sebagai kelas eksperimen dan VII-D sebagai kelas kontrol, masing-masing sebanyak 30 siswa. Teknik pengambilan sampel yang digunakan adalah purposive sampling. Teknik pengumpulan data dilakukan melalui tes akhir (post-test) dan angket. Analisis data untuk menguji hipotesis menggunakan uji-t (t-test). Hasil penelitian menunjukkan bahwa terdapat pengaruh signifikan penggunaan model RME berbantuan media tiga dimensi terhadap kemampuan pemecahan masalah matematis siswa. Hal ini dibuktikan dengan nilai signifikansi sebesar 0,039 < 0,05. Besarnya pengaruh RME terhadap kemampuan pemecahan masalah matematis siswa adalah sebesar 0,6, yang termasuk kategori sedang (medium) berdasarkan interpretasi nilai Cohen’s Effect Size, dengan persentase kontribusi sebesar 73%. ABSTARCT  This study aims to determine whether or not there is an effect of Realistic Mathematics Education (RME) on students' mathematical problem solving skills with the help of three-dimensional media, and to find out how much influence is in Madrasah Tsanawiyah Negeri 3 Blitar Academic Year 2022/2023. This research uses a quantitative approach with experimental research type. The population in this study were all seventh grade students of MTs Negeri 3 Blitar, totaling 312 students. The research sample consisted of VII-C class as the experimental class and VII-D as the control class, each with 30 students. The sampling technique used was purposive sampling. Data collection techniques were carried out through the final test (post-test) and questionnaire. Data analysis to test the hypothesis used t-test. The results showed that there was a significant effect of using the RME model assisted by three-dimensional media on students' mathematical problem solving ability. This is evidenced by the significance value of 0.039 <0.05. The magnitude of the effect of RME on students' mathematical problem solving ability is 0.6, which is included in the medium category based on the interpretation of Cohen's Effect Size value, with a contribution percentage of 73%.

Copyrights © 2025






Journal Info

Abbrev

relevan

Publisher

Subject

Mathematics

Description

Relevan: Jurnal Pendidikan Matematika, diterbitkan oleh Yayasan Amanah Nur Aman. Diterbitkan setiap bulan Februari, April, Juni, Agustus, Oktober dan Desember. Jurnal ini memuat hasil-hasil penelitian dan studi literatur yang berkaitan dengan bidang pendidikan matematika. Jurnal ini menyambut hangat ...