Relevan : Jurnal Pendidikan Matematika
Vol 4 No 6 (2024): Relevan : Jurnal Pendidikan Matematika

PENGEMBANGAN VIDEO PEMBELAJARAN MENGGUNAKAN BERBASIS PENDEKATAN KONTEKSTUAL PADA SISWA SMP

Febriana, Rizkita (Unknown)
Sulistiowati, Dwi Laila (Unknown)



Article Info

Publish Date
31 Dec 2024

Abstract

Penelitian ini dilatarbelakangi oleh kurangnya minat siswa dalam pembelajaran matematika. Penelitian ini bertujuan untuk menghasilkan video pembelajaran animasi berbasis pendekatan kontekstual pada materi perbandingan senilai dan berbalik nilai yang layak. Jenis penelitian yang digunakan adalah penelitian dan pengembangan (R&D) dengan model pengembangan 4D (Define, Design, Develop, Disseminate). Teknik pengumpulan data berupa wawancara dan angket. Instrumen penelitian yang digunakan yaitu lembar angket validasi ahli dan lembar angket respons peserta didik. Subjek uji coba produk pada penelitian ini yaitu 28 peserta didik kelas VII di SMP N 1 Punggur. Berdasarkan hasil validasi dari ahli materi dan ahli media, media pembelajaran video pembelajaran animasi berbasis pendekatan kontekstual yang dikembangkan sangat valid dengan rata-rata persentase sebesar 93,45%. Sedangkan berdasarkan hasil uji coba, diperoleh persentase rata-rata respon peserta didik sebesar 98,06% dengan kriteria sangat praktis. Dengan demikian, video pembelajaran animasi berbasis pendekatan kontekstual yang dikembangkan layak untuk digunakan sebagai salah satu media pembelajaran matematika.   ABSTRACT This study was motivated by the lack of student interest in learning mathematics. This study aims to produce an animated learning video based on a contextual approach to worth and inverse value comparison material that is feasible. The type of research used is research and development (R&D) with the 4D development model (Define, Design, Develop, Disseminate). Data collection techniques were interviews and questionnaires. The research instruments used were expert validation questionnaire sheets and student response questionnaire sheets. The product test subjects in this study were 28 seventh grade students at SMP N 1 Punggur. Based on the validation results from material experts and media experts, the animated learning video learning media based on the contextual approach developed is very valid with an average percentage of 93.45%. Meanwhile, based on the results of the trial, the average percentage of student responses was 98.06% with very practical criteria. Thus, the animated learning video based on the contextual approach developed is suitable for use as one of the media for learning mathematics.

Copyrights © 2024






Journal Info

Abbrev

relevan

Publisher

Subject

Mathematics

Description

Relevan: Jurnal Pendidikan Matematika, diterbitkan oleh Yayasan Amanah Nur Aman. Diterbitkan setiap bulan Februari, April, Juni, Agustus, Oktober dan Desember. Jurnal ini memuat hasil-hasil penelitian dan studi literatur yang berkaitan dengan bidang pendidikan matematika. Jurnal ini menyambut hangat ...