Relevan : Jurnal Pendidikan Matematika
Vol 4 No 6 (2024): Relevan : Jurnal Pendidikan Matematika

ANALISIS KEMAMPUAN LITERASI NUMERASI SISWA SMA BERDASARKAN TEORI BELAJAR SIBERNATIK DENGAN CARA BERFIKIR HEURISTIK

Lainatussyifah, Putri (Unknown)
Reflina (Unknown)
Asrul (Unknown)



Article Info

Publish Date
31 Dec 2024

Abstract

Penelitian ini membahas numerasi sebagai keterampilan matematika yang digunakan untuk menyelesaikan masalah sehari-hari, sesuai dengan Permendikbud No. 23 Tahun 2015. Menggunakan teori belajar sibernetik, penelitian ini menganalisis cara berpikir siswa dalam berhitung. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah kualitatif. Penelitian ini dilaksanakan pada kelas X-1 pada semester ganjil tahun ajaran 2024/2025. Subjek penelitian ditentukan dari klasifikasi berpikir dari hasil tes kemampuan berhitung. Instrumen yang digunakan dalam penelitian ini adalah instrumen uji kemampuan berhitung. Pedoman untuk mengklasifikasikan cara berpikir berdasarkan teori belajar sibernetik digunakan untuk mengetahui bagaimana siswa berpikir dengan cara berpikir heuristic. Hasil penelitian menunjukkan bahwa siswa dengan pemikiran heuristik (S3 dan S4) hanya mampu sebagian, terutama S4 yang masih belum sepenuhnya benar dalam memecahkan soal matematika sehari-hari.ABSTRACT This research discusses numeracy as a mathematical skill used to solve everyday problems, in accordance with Permendikbud No. 23 of 2015. Using cybernetic learning theory, this research analyzes how students think in numeracy. The method used in this research is qualitative. This research was conducted in class X-1 in the odd semester of the 2024/2025 school year. The research subjects were determined from the classification of thinking from the results of the numeracy test. The instrument used in this research is the numeracy test instrument. Guidelines for classifying ways of thinking based on cybernetic learning theory are used to find out how students think with heuristic thinking. The results showed that students with heuristic thinking (S3 and S4) were only partially able, especially S4 who was still not completely correct in solving everyday math problems.

Copyrights © 2024






Journal Info

Abbrev

relevan

Publisher

Subject

Mathematics

Description

Relevan: Jurnal Pendidikan Matematika, diterbitkan oleh Yayasan Amanah Nur Aman. Diterbitkan setiap bulan Februari, April, Juni, Agustus, Oktober dan Desember. Jurnal ini memuat hasil-hasil penelitian dan studi literatur yang berkaitan dengan bidang pendidikan matematika. Jurnal ini menyambut hangat ...