Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui proses perancangan, kelayakan, dan efektivitas e-learning berbasis web sebagai media pembelajaran pada materi fluida dinamis di SMA. Metode yang diterapkan pada studi ini yaitu metode Research and Development (R&D) melalui tahap menggunakan model pengembangan Analysis, Design, Development, Implementation, and Evaluation (ADDIE). Hasil dari studi ini menjabarkan bahwa validitas e-learning berdasarkan materi, bahasa, media dan penilaian lapangan dikategorikan valid dan layak (73,75%). Implementasi dilakukan pada 68 peserta didik kelas XI SMA Negeri 3 Pontianak dan SMAS Santo Paulus Pontianak menunjukkan peningkatan hasil belajar dalam kategori sedang. Dengan menggunakan uji Wilcoxon, menunjukkan perbedaan yang cukup signifikan, hal tersebut mengindikasikan implementasi yang dilakukan memberikan peningkatan dan efektif. Pada uji N-Gain dari 68 peserta didik diukur efektivitas mendapatkan nilai 0,58 dengan interpretasi sedang dan dinyatakan cukup efektif dimana skor post-test siswa rata-rata 81,76. Merujuk pada temuan ini bisa dijabarkan bahwa e-learning ini valid, layak digunakan dan cukup efektif untuk diterapkan menjadi media pembelajaran pada materi fluida dinamis di SMA.
Copyrights © 2025