Penelitian ini bertujuan untuk (1) mengidentifikasi karakteristik konsumen beras lokal di Kota Bengkulu (2) menganalisis willingness to pay beras lokal di Kota Bengkulu dan (3) apa saja faktor-faktor yang mempengaruhi kesediaan membayar konsumen terhadap beras lokal di Kota Bengkulu. Penelitian ini dilaksanakan di Pasar Panorama, Pasar Pagar Dewa, dan Pasar Minggu. Sampel penelitian berjumlah 96 responden. Metode analisis menggunakan analisis deskriptif dan kuantitatif dengan regresi logistik multinomial. Hasil penelitian didominasi oleh perempuan, dengan sebaran usia 37–53 tahun, mayoritas berpendidikan perguruan tinggi dan berpendapatan Rp 1.000.000–Rp 2.333.333, rata-rata memiliki jumlah anggota keluarga 4– 5 orang, sebagian besar anggota keluarga konsumen terlibat dalam keputusan pembelian, serta didominasi bekerja sebagai wiraswasta. Variabel jenis kelamin (X1), tingkat pendidikan (X3), keterlibatan anggota keluarga (X6), dan pekerjaan (X7) memiliki pengaruh signifikan terhadap kesediaan membayar.
                        
                        
                        
                        
                            
                                Copyrights © 2025