Jurnal Pengabdian kepada Masyarakat
Vol. 5 No. 2: Juli 2025

PELATIHAN PENULISAN ARTIKEL ILMIAH BERBASIS PRAKTIK REFLEKTIF DAN STUDI KASUS DI SMK PGRI 2 DENPASAR

I Nyoman Adi Susrawan (Unknown)
I Nyoman Suparsa (Unknown)
Muhammad Zahid Adana (Unknown)
I Gusti Agung Made Agung Dwipayana (Unknown)
Ni Wayan Putu Dewi Dyantari (Unknown)



Article Info

Publish Date
01 Jul 2025

Abstract

Kegiatan Pengabdian kepada Masyarakat (PkM) dilaksanakan dengan tujuan untuk meningkatkan literasi guru dalam menulis artikel ilmiah berbasis pendekatan reflektif dan studi kasus sebagai bagian untuk mengembangkan profesionalisme guru. Berdasarkan hasil analisis situasi ditemukan bahwa para guru memiliki motivasi yang tinggi dalam menulis, namun masih memiliki kendala dalam penerapannya. Hal ini mendorong tim pelaksana PkM untuk memberikan pelatihan sekaligus pendampingan kepada para guru dalam menulis artikel ilmiah yang relevan dengan pengalaman praktik mengajar. Kegiatan PkM ini melibatkan 12 guru dari berbagai bidang studi sebagai peserta. Kegiatan di awali dengan analisis kebutuhan, workhop, praktik terbimbing, klinik penulisan, dan forum diseminasi. Hasil keterlaksanaan kegiatan menunjukkan bahwa rata-rata skor pemahaman dan pengetahuan para guru menunjukkan hasil yang postif, yakni mencapai 4,4; kepuasan metode pelatihan 4,5; dan 72% peserta menyelesaikan draf artikel. Kemudian, sebanyak 65% naskah mengalami peningkatan signifikan dan 54% guru siap mengirimkan artikelnya ke jurnal ilmiah Hasil ini mengindikasikan bahwa pelatihan penulisan artikel ilmiah dengan menggunakan pendekatan reflektif dan studi kasus terbukti efektif dalam mendorong kemampuan para guru dalam menciptakan sebuah karya tulis yang siap dipublikasikan. Selain itu, kegiatan ini dapat meningkatkan kepercayaan diri, pemahaman terhadap struktur penulisan ilmiah, serta memicu terbentuknya komunitas belajar menulis di sekolah. Pelatihan ini terbukti efektif dalam meningkatkan literasi ilmiah guru serta dapat dijadikan contoh untuk diterapkan di sekolah lain sebagai bagian dari pengembangan profesionalisme pendidik

Copyrights © 2025






Journal Info

Abbrev

J-ABDI

Publisher

Subject

Agriculture, Biological Sciences & Forestry Humanities Economics, Econometrics & Finance Environmental Science Languange, Linguistic, Communication & Media Public Health Social Sciences Other

Description

J-ABDI: Jurnal Pengabdian kepada Masyarakat, with registered number ISSN: 2797-9210 (Print), ISSN: 2798-2912 (Online) is a scientific multidisciplinary journal published by bajang Institute. It is in the national level that covers a lot of common problems or issues related to community services. ...