journal of social and economic research
Vol 7 No 1 (2025): JSER, June 2025

ANALYSIS OF FACTORS AFFECTING INDOMIE INSTANT NOODLE REPURCHASE DECISIONS USING THE BINARY LOGISTIC REGRESSION METHOD

Rafyon Sani (Unknown)
Muhammad Yusuf (Unknown)
Jerry Heikal (Unknown)



Article Info

Publish Date
05 Jun 2025

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis faktor-faktor yang mempengaruhi keputusan pembelian kembali mie instan Indomie oleh konsumen. Karena mie instan di Indonesia memiliki beberapa varian merek yang bersaing menjual produknya kepada konsumen, Indomie menjadi produk yang terkenal dan unggulan di Indonesia. Penelitian ini didasarkan pada Teori Kepuasan Pelanggan, yang menyatakan bahwa kepuasan pelanggan merupakan hasil dari perbandingan antara harapan pelanggan dengan pengalaman aktual yang dirasakan. Dimana variabel independen yang diteliti meliputi 13 variabel seperti Harga kompetitif, Toko Retail, Kemasan Menarik dan lainya. Data dikumpulkan melalui penyebaran kuesioner kepada 143 responden yang merupakan konsumen mie instan Indomie. Hasil dari penelitian dimasukkan ke dalam Microsoft Excel dan menunjukkan bahwa variabel Toko Retail dan Rekomendasi Influencer signifikan terhadap keputusan pembelian kembali mie instan Indomie. Variabel rasa memiliki pengaruh yang paling dominan, mengindikasikan bahwa cita rasa yang khas dan beragam menjadi faktor utama konsumen dalam memutuskan untuk membeli kembali produk tersebut. Sementara itu, variabel harga, ketersediaan, inovasi, dan lainnya tidak berpengaruh signifikan terhadap keputusan pembelian mie instan Indomie kembali. Penelitian ini memberikan implikasi bagi produsen mie instan Indomie untuk lebih fokus pada lokasi penjualan di berbagai platform, baik secara online maupun offline, memastikan konsumen di berbagai daerah dari kota hingga desa dapat menemukan produk di pasaran, serta menciptakan pengalaman yang menyenangkan bagi konsumen setelah membeli Indomie. Strategi pemasaran yang berfokus pada peningkatan brand awareness juga perlu dipertimbangkan untuk memperkuat dan mempertahankan posisi merek Indomie di benak konsumen. Teori Kepuasan Pelanggan mendukung pentingnya pengalaman positif konsumen dalam mendorong pembelian ulang produk Indomie. Meskipun harga dan promosi tidak berpengaruh signifikan, produsen tetap perlu memperhatikan kedua variabel tersebut agar tetap kompetitif di pasar mie instan.

Copyrights © 2025






Journal Info

Abbrev

JSER

Publisher

Subject

Law, Crime, Criminology & Criminal Justice

Description

Journal of Social and Economics Research (JSER) is published by Ikatan Dosen Menulis in collaboration with GoAcademica CRP. Publishing twice times a year, ie Issue 1 Issue 2 in June and December and already have a registration number p-ISSN: 2715-6117 and e-ISSN: 2715-6966 since ...