JEPA (Jurnal Ekonomi Pertanian dan Agribisnis)
Vol. 9 No. 2 (2025)

PENGARUH DIGITAL MARKETING TERHADAP KEPUTUSAN PENGUNJUNG AGROWISATA DI JAWA TIMUR DENGAN MODAL INTELEKTUAL DAN PERSEPSI KUALITAS SEBAGAI VARIABEL MEDIASI

Dina Riana, Fitria (Unknown)
Mahfudlotul 'Ula (Unknown)



Article Info

Publish Date
16 Jun 2025

Abstract

Perkembangan teknologi informasi pada saat ini sangat berpengaruh terhadap promosi pariwasata, khususnya di bidang Agrowisata.  Digital marketing merupakan suatu kegiatan promosi dan pencarian pasar melalui media digital secara online dengan memanfaatkan website dan media sosial. Peran digital marketing sangat penting, selain dapat menjangkau masyarakat secara luas juga efektif dan murah dalam memperkenalkan agrowisata dari skala kelompok tani hingga investasi besar kepada masyarakat luas. Dengan menjalankan digital marketing, pengelola agrowisata  berharap dapat mempengaruhi pemahaman tehadap modal intelektual dan persepsi kualitas produk serta layanan yang pada akhirnya dapat mempengaruhi konsumen untuk berkunjung ke lokasi agrowisata.Sehingga penelitian ini bertujuan untuk menganalisis pengaruh digital marketing terhadap keputusan pelanggan pada agrowisata yang ada di Jawa Timur dengan modal intelektual dan persepsi kualitas sebagai variabel mediasi. Berdasarkan hasil analisis SEM dengan pendekatan WarpPLS didapatkan hasil bahwa variabel digital marketing berpengaruh signifikan terhadap keputusan pelanggan  agrowisata di Jawa Timur dengan modal intelektual  dan persepsi kualitas sebagai variabel mediasi. Secara parsial hasil penelitian menunjukkan  juga bahwa variabel  digital marketing memiliki pengaruh highly significant terhadap intellegence capital, variabel digital marketing memiliki pengaruh highly significant terhadap perceived quality, variabel digital marketing memiliki pengaruh highly significant terhadap keputusan berkunjung. Untuk variabel intellegence capital memiliki pengaruh weakly significant terhadap keputusan berkunjung, sedangkan variabel perceived quality terhadap agrowisata memiliki pengaruh highly significant terhadap keputusan berkunjung.

Copyrights © 2025






Journal Info

Abbrev

jepa

Publisher

Subject

Agriculture, Biological Sciences & Forestry Decision Sciences, Operations Research & Management Economics, Econometrics & Finance Environmental Science Social Sciences

Description

Jurnal Ekonomi Pertanian dan Agribisnis (JEPA) adalah jurnal yang diterbitkan oleh Jurusan Sosial Ekonomi Pertanian secara reguler setiap tiga bulan sekali untuk tujuan mendeseminasikan hasil penelitian dan pengabdian yang dilakukan oleh mahasiswa, dosen, peneliti dan pengabdi. Topik keilmuan yang ...