Jurnal Ilmiah Pamenang (JIP)
Vol. 7 No. 1 (2025): Jurnal Imiah Pamenang (JIP)

LITERATURE REVIEW: HUBUNGAN KINERJA PERAWAT DENGAN TINGKAT KEPUASAN PASIEN RAWAT INAP DI RUMAH SAKIT: LITERATURE REVIEW: THE RELATIONSHIP BETWEEN NURSES' PERFORMANCE AND INPATIENT SATISFACTION IN HOSPITALS

Salmaqonita Khusnul Irvani Sari (Unknown)
Sahat Manampin Siahaan (Unknown)



Article Info

Publish Date
19 Jun 2025

Abstract

Abstrak   Kepuasan pasien merupakan salah satu indikator utama dalam menilai mutu pelayanan kesehatan dan mencerminkan efektivitas pelayanan yang diberikan. Sebagai profesi yang paling sering melakukan kontak dengan pasien, kinerja perawat memiliki peran penting dalam meningkatkan kepuasan pasien dan mutu pelayanan kesehatan secara keseluruhan. Tujuan dari tinjauan literatur ini adalah untuk mengetahui hubungan antara kinerja perawat dengan kepuasan pasien rawat inap di rumah sakit. Tinjauan literatur menggunakan metode naratif. Artikel penelitian diperoleh dari Google Scholar dan Portal Garuda. Kata kunci yang digunakan dalam pencarian adalah kinerja perawat, kepuasan pasien, dan rawat inap. Terdapat 10.700 artikel yang terkait dengan kata kunci yang telah disebutkan. Setelah dilakukan seleksi artikel bedasarkan waktu, full text dan tema yang dibuat penulis, didapatkan 10 artikel dengan tema dan kriteria yang sesuai. Bedasarkan 10 artikel yang ditemukan, 9 artikel menyatakan bahwa kinerja perawat dalam memberikan pelayanan berpengaruh terhadap tingkat kepuasan pasien di ruang rawat inap dan 1 artikel menyatakan bahwa kepuasan pasien pada ruang rawat inap tidak dipengaruhi oleh kinerja perawat melainkan faktor lain seperti faktor kebersihan dan kenyamanan ruang rawat inap, ketersediaan dan kebersihan alat kesehatan, penampilan petugas kesehatan yang rapi serta pelayanan profesi lain dapat mempengaruhi tingkat kepuasan pasien di rawat inap. Oleh karena itu penting untuk melakukan pengukuran kinerja perawat dan kepuasan pasien secara berkala dan mengevaluasinya. Abstract    Patient satisfaction is one of the main indicators in assessing the quality of health services and reflects the effectiveness of the services provided. As a profession that most frequently makes contact with patients, the performance of nurses plays an important role in improving patient satisfaction and the overall quality of health services. The purpose of this literature review is to find out the relationship between nurses’ performance and inpatient satisfaction in hospitals. The literature review uses a narrative method. Research articles were obtained from Google Scholar and the Garuda Portal. The keywords used in the search were nurses’ performance, patient satisfaction, and inpatient care. There were 10,700 articles related to the mentioned keywords. After selecting the articles based on publication time, full text, and the theme made by the author, 10 articles were found that matched the theme and criteria. Based on the 10 articles found, 9 articles stated that nurses’ performance in providing services affects the level of patient satisfaction in inpatient wards, and 1 article stated that patient satisfaction in inpatient wards is not influenced by nurses’ performance but by other factors such as the cleanliness and comfort of the inpatient room, the availability and cleanliness of medical equipment, the neat appearance of health workers, and services from other professional roles which can influence the level of patient satisfaction in inpatient care. Therefore, it is important to regularly measure and evaluate nurse performance and patient satisfaction.

Copyrights © 2025






Journal Info

Abbrev

jip

Publisher

Subject

Health Professions Nursing Public Health

Description

Jurnal Ilmiah Pamenang merupakan publikasi ilmiah enam bulanan yang diterbitkan oleh STIKES PAMENANG Kediri. Jurnal Ilmiah Pamenang menyajikan informasi dan kajian ilmiah hasil penelitian maupun non penelitian pada lingkup keperawatan, kebidanan, administrasi kesehatan dan issu-issu terkini terkait ...