Penelitian ini dilakukan untuk mengetahui bagaimana pengaruh model pembelajaran berbantuan video dalam project based learning terhadap hasil belajar siswa MAS Misbahul Ulum Lhokseumawe. Penelitian kuantitatif dengan metode quasi eksperimen dengan desain pre-test and pos-test control-group design. Populasi yakni semua siswa kelas XI MAS Misbahul Ulum Lhokseumawe yang terdiri dari delapan kelas. Pemilihan sampel dilakukan melalui teknik purposive sampling. Kelas XI4 dipilih sebagai sampel untuk kelas eksperimen dan kelas XI5 sebagai kelompok kontrol. Instrumen yaitu tes awal dan tes akhir serta lembar observasi. Analisis data menggunakan Uji t yang dilakukan menggunakan program SPSS. Hasil analisis data mengindikasikan bahwa nilai t-hitung adalah 3,002 lebih besar dari nilai t-tabel adalah 2,000 dikarenakan t-hitung lebih besar dari t-tabel, maka H0 ditolak dan Ha diterima dapat disimpulkan bahwa siswa yang diajarkan dengan model pembelajaran project based learning berbantuan video memberikan pengaruh besar terhadap hasil belajar siswa. Hasil observasi aktivitas siswa pada kelas eksperimen menunjukkan bahwa nilai rata-rata sebesar 3,65 dan kelompok kontrol sebesar 3,63 berarti siswa dapat mengikuti pembelajaran berbantuan video dalam menggunakan model project based learning dengan sangat bersemangat. Nilai rata-rata kelompok eksperimen sebesar 3,68 dan kelompok kontrol sebesar 3,70 berarti rata-rata kemampuan guru dalam mengelola pembelajaran selama proses pembelajaran mendapatkan klarifikasi sangat baik.
Copyrights © 2025