Jurnal Tata Kelola dan Kerangka Kerja Teknologi Informasi
Vol. 11 No. 1 (2025): Mei 2025

Evaluasi Media Pembelajaran Augmented Reality Untuk Sosialisasi Gempa Bumi Dan Tsunami Pada BMKG GOES TO SCHOOL Menggunakan COBIT 2019

Ruhimat, R. (Unknown)
Sumitra, Irfan Dwiguna (Unknown)



Article Info

Publish Date
30 May 2025

Abstract

Peningkatan kesiapsiagaan terhadap bencana gempa bumi dan tsunami menjadi prioritas dalam sistem pendidikan di Indonesia. Dalam upaya untuk meningkatkan kesadaran dan pengetahuan siswa mengenai bencana tersebut, teknologi Augmented Reality (AR) telah diimplementasikan dalam program BMKG Goes to School. Penelitian ini bertujuan untuk mengevaluasi efektivitas media pembelajaran AR menggunakan kerangka kerja COBIT 2019, khususnya pada domain Evaluate, Direct, and Monitor (EDM), Deliver, Service, and Support (DSS), dan Monitor, Evaluate, and Assess (MEA). Metode penelitian meliputi analisis data kuantitatif dan kualitatif melalui kuesioner dan wawancara dengan siswa dan guru yang terlibat dalam program tersebut. Hasil penelitian menunjukkan bahwa media pembelajaran AR secara signifikan meningkatkan keterlibatan dan pemahaman siswa tentang kesiapsiagaan bencana, dengan sebagian besar kategori mencapai capability level yang tinggi. Namun, terdapat beberapa area yang memerlukan perbaikan lebih lanjut, seperti pengelolaan permintaan dan insiden layanan serta pengelolaan perubahan. Temuan ini diharapkan dapat memberikan kontribusi penting bagi pengembangan lebih lanjut dari teknologi AR dalam pendidikan.

Copyrights © 2025






Journal Info

Abbrev

jtk3ti

Publisher

Subject

Computer Science & IT

Description

Jurnal yang diterbitkan berkala oleh Magister Sistem Informasi UNIKOM dua kali dalam setahun. Materi berisi keilmuan sistem informasi seperti: Manajemen Sistem Informasi, ERP, EAP, Kerangka Kerja TI, Tata Kelola TI, Manajemen Resiko, COBIT, Stakeholder Management, CRM, Change Management, IT ...