Jurnal Energi dan Inovasi Teknologi
Vol. 4 No. 02 (2025): ENOTEK : Jurnal Energi dan Inovasi Teknologi

Rancang Bangun Simulator Pengapian Konvensional Kendaraan Roda 4 Sebagai Media Pembelajaran di Sekolah Menengah Kejuruan

Rasyid, Ihsanul Ramadhan (Unknown)
Subekti, Purwo (Unknown)
Aprizal (Unknown)



Article Info

Publish Date
28 Apr 2025

Abstract

Pengembangan sumber daya manusia berkualitas di bidang teknologi otomotif menjadi salah satu aspek penting dalam mendukung pembangunan nasional Pendidikan di Sekolah Menengah Kejuruan (SMK), dituntut untuk menyediakan media pembelajaran yang efektif guna meningkatkan kompetensi siswa. Penelitian ini bertujuan untuk merancang, membangun, dan mengevaluasi prototipe simulator sistem pengapian konvensional kendaraan roda empat sebagai media pembelajaran di SMK. Metodologi penelitian yang digunakan adalah eksperimen dengan pembagian dua kelompok. Metodologi penelitian yang digunakan adalah eksperimen dengan pembagian dua kelompok. Kelompok pertama (kelompok A) menggunakan simulator sebagai alat bantu pembelajaran, sementara kelompok kedua (kelompok B) belajar tanpa media tersebut. Hasil penelitian menunjukkan bahwa simulator sistem pengapian konvensional ini memberikan dampak signifikan terhadap peningkatan hasil belajar siswa. Kelompok A mengalami peningkatan sebesar 47%, sedangkan kelompok B hanya meningkat sebesar 33%. Dengan demikian, alat simulator ini berpotensi menjadi inovasi dalam proses pembelajaran di SMK, meningkatkan kualitas pendidikan teknik otomotif, dan memfasilitasi pengetahuan yang lebih interaktif dan praktis.Kata kunci: simulator, sistem pengapian, kendaraan roda 4

Copyrights © 2025






Journal Info

Abbrev

Enotek

Publisher

Subject

Engineering Mechanical Engineering

Description

ENOTEK : Jurnal Energi dan Inovasi Teknologi is a peer-reviewed journal that publishes scientific articles relevant to Mechanical Engineering. The articles published in Journal ENOTEK includes original scientific research results (top priority), new (not priority) scientific review articles, or ...