eProceedings of Engineering
Vol. 12 No. 2 (2025): April 2025

Sistem Layanan Pengaduan Masyarakat Desa Gerduren Berbasis Web

Prihatnowo, Bagas (Unknown)
Paradise (Unknown)



Article Info

Publish Date
21 Apr 2025

Abstract

Sistem pengaduan masyarakat di Desa Gerduren masih menggunakan cara-cara tradisional yang dinilai birokratis dan memakan waktu. Di sisi lain, perkembangan dunia digital kini sudah sangat maju dan dengan bantuan teknologi, inefisiensi sistem birokrasi tradisional dapat dikurangi. Untuk alasan ini, sistem pengaduan publik berbasis web dikembangkan di DesaGelduren. Sistem layanan pengaduan berbasis web ini dibuat dengan menggunakan metodologi Rapid Application Development (RAD). Metodologi RAD bertujuan untuk mempercepat proses pengembangan sistem sambil menanggapi kebutuhan pengguna melalui pendekatan berulang dan interaktif. Pendekatan ini menekankan pembuatan prototipe dan pengembangan berulang yang secara aktif menggabungkan masukan pengguna. Sebagai hasil dari penelitian ini, sistemlayanan pengaduan masyarakat berbasis web didirikan di Desa Gerduren. Penduduk desa Gerduren menggunakan perangkat mereka sendiri untuk mengajukan pengaduan kepada pihak berwenang melalui internet. Karyawan yang berwenang juga dapat dengan mudah mengakses informasi yang dikumpulkan untuk ditindaklanjuti.Kata kunci—sistem, layanan, keluhan, web

Copyrights © 2025






Journal Info

Abbrev

engineering

Publisher

Subject

Computer Science & IT Control & Systems Engineering Electrical & Electronics Engineering Engineering Industrial & Manufacturing Engineering

Description

Merupakan media publikasi karya ilmiah lulusan Universitas Telkom yang berisi tentang kajian teknik. Karya Tulis ilmiah yang diunggah akan melalui prosedur pemeriksaan (reviewer) dan approval pembimbing ...