Pembelajaran IPA di tingkat Madrasah Ibtidaiyah (MI) masih menghadapi tantangan rendahnya partisipasi dan pemahaman siswa akibat dominasi metode ceramah. Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis efektivitas penggunaan eksperimen miniatur gunung berapi berbahan alami sebagai media pembelajaran dalam meningkatkan pemahaman konsep. Penelitian menggunakan pendekatan kuantitatif dengan desain eksperimen semu. Subjek penelitian adalah 25 siswa kelas V MI Al- Azhar Ajung Jember yang dipilih menggunakan teknik purposive sampling. Data dikumpulkan melalui tes pemahaman konsep (pretest dan posttest), observasi aktivitas siswa, serta dokumentasi, kemudian dianalisis menggunakan uji t berpasangan. Hasil penelitian menunjukkan adanya peningkatan signifikan pada nilai rata-rata siswa setelah mengikuti pembelajaran berbasis eksperimen, dengan nilai signifikansi (p) < 0,05. Observasi juga menunjukkan peningkatan keterlibatan aktif siswa selama proses pembelajaran. Temuan ini mengindikasikan bahwa media miniatur efektif sebagai media terhadap pemahaman konsep IPA di tingkat madrasah. Kesimpulannya, penerapan eksperimen sederhana berbasis bahan alami dapat menjadi alternatif inovatif untuk meningkatkan kualitas pembelajaran
Copyrights © 2025