JURNAL ILMIAH M-PROGRESS
Vol 15 No 2 (2025): JURNAL ILMIAH M-PROGRESS

PENGARUH SOSIAL MEDIA INSTAGRAM DAN BRAND AMBASSADOR TERHADAP MINAT BELI PRODUK SCARLETT WHITENING PADA GENERASI Z MELALUI OFFICIAL STORE SHOPEE DI JABODETABEK

Riswanti, Debih Janita (Unknown)
Dedi Wibowo (Unknown)



Article Info

Publish Date
28 Jun 2025

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk menyelidiki pengaruh penggunaan media sosial Instagram dan peran brand ambassador terhadap keinginan membeli produk Scarlett Whitening pada Generasi Z di wilayah Jabodetabek. Fokus utama kajian ini adalah bagaimana endorsement melalui brand ambassador dan pemanfaatan media sosial, khususnya Instagram, dapat membentuk minat beli konsumen dari kalangan generasi muda. Metode deskriptif kuantitatif dan survey digunakan dan purposive sampling dalam memilih 100 responden dari Generasi Z yang tinggal di Jabodetabek dan pernah membeli produk Scarlett Whitening melalui penggunaan platform e-commerce Shopee. Software statistik digunakan untuk mengkaji data yang dikumpulkan melalui kuesioner online. Kajian menunjukkan hasil bahwa Instagram dan platform media sosial lainnya secara parsial memiliki efek positif dan signifikan terhadap minat konsumen membeli  produk Scarlett Whitening. Dengan cara yang sama, minat beli pelanggan dipengaruhi secara signifikan oleh penggunaan Brand Ambassador. Kedua variabel tersebut berkontribusi untuk minat beli sebesar 83,2%. Untuk mempertahankan daya saing di industri kecantikan, perusahaan disarankan untuk terus mengoptimalkan strategi pemasaran online dan memilih Brand Ambassador yang sesuai dengan target pasar. Hasil kajian ini menunjukkan bahwa penggunaan strategi media sosial Instagram dan penggunaan Brand Ambassador merupakan komponen penting dalam meningkatkan minat beli generasi Z untuk produk kecantikan.

Copyrights © 2025






Journal Info

Abbrev

ilmiahm-progress

Publisher

Subject

Economics, Econometrics & Finance

Description

Topik dari jurnal M-Progress ini adalah semua yang berkaitan dengan bidang ilmu ...