Jurnal Pelita Pengabdian
Vol. 3 No. 2 (2025): Juli 2025

Keluhan Aplikasi Keluhan Warga RT/RW Berbasis Mobile untuk Meningkatkan Partisipasi dan Responsivitas Layanan Masyaraka: Keluhan Warga secara digitalisasi

Effendi, Muhammad Makmun (Unknown)



Article Info

Publish Date
07 Jul 2025

Abstract

Di lingkungan RT/RW, partisipasi aktif warga sangat penting untuk meningkatkan kualitas layanan publik dan menjaga kenyamanan bersama. Namun, kendala dalam pelaporan keluhan seperti proses yang berbelit, keterlambatan respons, dan kurangnya transparansi sering kali membuat warga enggan menyampaikan keluhan. Untuk mengatasi masalah ini, dikembangkanlah aplikasi keluhan warga berbasis mobile yang memungkinkan warga untuk melaporkan permasalahan lingkungan secara cepat dan mudah.Aplikasi ini dirancang dengan fitur utama meliputi pelaporan keluhan, pemantauan status keluhan, komentar dan diskusi antarwarga, serta notifikasi pembaruan status oleh pengurus RT/RW. Setiap keluhan yang diajukan oleh warga akan dikategorikan sesuai jenisnya (seperti kebersihan, keamanan, dan fasilitas umum), sehingga pengurus RT/RW dapat merespons dengan tepat dan cepat. Dengan demikian, warga dapat memantau perkembangan keluhan mereka secara real-time hingga keluhan tersebut ditangani

Copyrights © 2025






Journal Info

Abbrev

jpp

Publisher

Subject

Religion Aerospace Engineering Agriculture, Biological Sciences & Forestry Humanities Astronomy Civil Engineering, Building, Construction & Architecture

Description

Jurnal Pelita Pengabdian, diterbitkan oleh Direktorat Penelitian dan Pengabdian Masyarakat Universitas Pelita Bangsa Cikarang. Jurnal Pelita Pengabdian mewadahi publikasi hasil penelitian dan kegiatan Pengabdian Masyarakat yang dilaksanakan oleh Dosen-Dosen sebagai bentuk manifestasi Tri Darma ...