Penelitian ini bertujuan untuk mengeksplorasi pengaruh motivasi dan keterlibatan kerja terhadap jenjang karir dan dampaknya pada kinerja dosen di Indonesia. Menggunakan data primer dari 108 dosen di wilayah Jawa Barat, penelitian ini mengaplikasikan pemodelan persamaan struktural untuk menganalisis hubungan antar variabel. Hasil penelitian menunjukkan bahwa motivasi berpengaruh positif dan signifikan terhadap jenjang karir dan kinerja dosen. Keterlibatan kerja berpengaruh terhadap jenjang karir, tetapi keterlibatan kerja tidak berpengaruh terhadap kinerja. Temuan ini mengindikasikan bahwa motivasi merupakan faktor utama yang mendorong peningkatan kinerja dosen. Jenjang karir tidak memediasi pengaruh motivasi dan keterlibatan terhadap kinerja, sehingga terdapat faktor lain yang lebih berpengaruh terhadap kinerja seperti lingkungan kerja dan dukungan institusi. Penelitian ini memberikan kontribusi penting dalam literatur jenjang karir dosen, dan menekankan perlunya strategi yang terstruktur dan berbasis motivasi untuk meningkatkan kinerja dosen. Temuan ini dapat menjadi dasar bagi pengembangan kebijakan yang lebih efektif dalam mendukung jenjang karir dan kinerja dosen di institusi pendidikan tinggi. Penelitian ini membuka peluang untuk eksplorasi lebih lanjut mengenai faktor-faktor lain yang mempengaruhi kinerja dosen seperti kepemimpinan, dukungan institusi, dan lingkungan kerja.
                        
                        
                        
                        
                            
                                Copyrights © 2025