Penelitian ini bertujuan untuk memperoleh bukti empiris tentang apakah (1) Profitabilitas berpengaruh terhadap nilai perusahaan (2) Investment opportunity set berpengaruh terhadap nilai perusahaan (3) Leverage berpengaruh terhadap nilai perusahaan (4) Profitabilitas, IOS, dan Leverage berpengaruh terhadap nilai perusahaan. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh perusahaan manufaktur yang terdaftar di Bursa Efek Indonesia tahun 2015-2017. Peneliti menentukan jumlah sampel perusahaan yang diambil dengan kriteria tertentu (teknik purposive sampling). Metode pengumpulan data adalah dengan menggunakan teknik dokumentasi dari data yang dipublikasikan oleh perusahaan manufaktur yang terdaftar di Bursa Efek Indonesia. Metode analisis yang digunakan adalah analisis regresi berganda, dengan nilai perusahaan sebagai variabel dependen dan profitabilitas, investment opportunity set, dan leverage sebagai variabel independen. Hasil penelitian ini menyimpulkan bahwa (1) profitabilitas berpengaruh positif signifikan terhadap nilai perusahaan dengan nilai t hitung 5,663 > t tabel 2,345 dengan tingkat signifikansi 0,000 < ? 0,05 dan nilai koefisien ? 0,353, berarti H1 diterima, (2) investment opportunity set berpengaruh negatif signifikan terhadap nilai perusahaan dengan nilai t hitung -3,553 < t tabel 1,972 dengan tingkat signifikansi 0,001 < ? 0,05 dan nilai koefisien ? -0,109, berarti H2 diterima, (3) leverage tidak berpengaruh signifikan terhadap nilai perusahaan dengan nilai t hitung 1,822 < t tabel 2,345 dengan tingkat signifikansi 0,070 > 0,05 dan nilai koefisien ? -0,197, berarti H3 ditolak (4) Profitabilitas berpengaruh positif signifikan terhadap nilai perusahaan, IOS berpengaruh positif signifikan terhadap nilai perusahaan, dan leverage berpengaruh positif signifikan terhadap nilai perusahaan. pengaruh negatif signifikan terhadap nilai perusahaan dan leverage tidak berpengaruh signifikan terhadap nilai perusahaan sehingga H1 dan H2 diterima sedangkan H3 ditolak. Dengan kata lain, H4 ditolak karena terbukti tidak semua variabel independen berpengaruh signifikan terhadap nilai perusahaan.
Copyrights © 2025