Pada era digitalisasi banyak mahasiswa memanfaatkan teknologi digital dan dunia wirausaha saat ini telah ramai dikalangan mahasiswa. Salah satunya mahasiswa Pendidikan Ekonomi angkatan 2021 dan 2022 terdapat 72 mahasiswa yang sedang berwirausaha dan pernah berwirausaha. Namun, mahasiswa berwirausaha kurang memanfaatkan perkembangan digitalisasi dalam menjalankan usahanya. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh literasi digital terhadap intensi berwirausaha pada mahasiswa Pendidikan Ekonomi FKIP Universitas Sriwijaya. Jenis penelitian ini adalah asosiatif kausal dengan pendeketan kuantitatif. Populasi dalam penelitian ini adalah mahasiswa Pendidikan Ekonomi angkatan 2021 dan 2022. Sampel dalam penelitian ini diambil menggunakan teknik purposive sampling, dengan kriteria yang telah ditentukan yaitu mahasiswa yang sedang berwirausaha dan pernah berwirausaha, sehingga diperoleh jumlah sampel 72 mahasiswa. Teknik pengumpulan data yang digunakan dalam penelitian ini adalah angket dan dokumentasi. Uji validitas instrumen menggunakan rumus korelasi pearson product moment dan uji reliabilitas menggunakan Alpha Cronbach. Hasil penelitian menunjukkan bahwa terdapat pengaruh literasi digital terhadap intensi berwirausaha mahasiswa Pendidikan Ekonomi angkatan 2021 dan 2022 dengan hasil koefesien determinan sebesar 62,44% dan hasil uji-t sebesar 10,78 > 1,667. Berdasarkan hasil penelitian diharapkan mahasiswa dapat lebih meningkatkan literasi digital di era perkembangan digital saat ini, serta meningkatkan potensi diri dalam berwirausaha. Kata Kunci: Literasi Digital, Intensi Berwirausaha, Mahasiswa
Copyrights © 2025