JURNAL CRANKSHAFT
Vol 8, No 2 (2025): Jurnal Crankshaft Vol. 8 No. 2 (2025)

Analisis Kegagalan pada As Roda Belakang Dump Truck Hino 500 Berbasis Finite Element Analysis

Wibowo, Donny (Unknown)
Zaenudin, Mohamad (Unknown)
Saleh, Yasya Khalif Perdana (Unknown)



Article Info

Publish Date
29 Jun 2025

Abstract

Tingginya angka kecelakaan lalu lintas yang melibatkan truk (12%) menggarisbawahi urgensi peningkatan keselamatan kendaraan berat ini. Penelitian ini dilatarbelakangi oleh seringnya insiden akibat patah as atau poros belakang. Untuk memahami fenomena ini, simulasi Finite Element Analysis (FEA) diterapkan guna memvisualisasikan sebaran tegangan dan deformasi pada poros belakang dump truck HINO 500. Analisis ini dilakukan dengan memvariasikan beban 26-35 ton, mencakup beban standar dan overload) dengan tujuan utama mengidentifikasi area konsentrasi tegangan dan potensi titik kegagalan fatik pada poros roda. Hasil penelitian menunjukan bahwa tegangan tertinggi terjadi variasi beban 35 Ton dengan nilai tegangan sebesar 1,76 x 10^8 N/m^2 dengan nilai tegangan tertinggi terjadi pada bagian ujung poros roda gigi dan ujung bagian dekat piringan. Nilai masih terbilang aman karena nilai tegangan lebih kecil dari nilai batas tegangan material yaitu 4,6 x 10^8 N/m^2. Sementara hasil simulasi FEA defleksi sebesar 4,026 x 10^-3 m dan hasil simulasi fatigue failure menunjukan pada variasi beban 26 ton memiliki life cycle terbesar 314.886 dan nilai life cycle terkecil terjadi pada variasi beban 35 Ton dengan nilai life cycle sebesar 46.523.

Copyrights © 2025






Journal Info

Abbrev

cra

Publisher

Subject

Control & Systems Engineering Energy Engineering Materials Science & Nanotechnology Mechanical Engineering

Description

Jurnal ini merupakan sarana publikasi dan ajang berbagi karya riset dan pengembangannya di bidang teknologi. Jurnal Crankshaft terbit 2 kali dalam setahun, yaitu pada bulan Maret dan ...