Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh inovasi produk dan kualitas pelayanan terhadap kepuasan pelanggan pada PT. Panal Kreasi Nusantara Sidoarjo. Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh pengguna Tools Robot SEO APO BOT (All New Page One Robot) dengan jumlah sampel 30 pelanggan/pengguna tools. Teknik pengambilan sampel yaitu sampling incidental pada teknik nonprobability sampling. Teknik pengumpulan data menggunakan kuesioner yang telah diuji validitas dan reliabilitasnya. Analisis data berupa uji asumsi klasik, uji regresi linier berganda, uji hipotesis, dan uji koefisienn determinasi (R2). Hasil penelitian ini menyatakan bahwa : (1) Inovasi produk (X1) berpengaruh signifikan terhadap kepuasan pelanggan (Y). (2) Kualitas pelayanan (X2) berpengaruh signifikan terhadap kepuasan pelanggan (Y). (3) Inovasi produk (X1) dan kualitas pelayanan (X2) secara simultan berpengaruh positif dan signifikan terhadap kepuasan pelanggan (Y). Kepuasan pelanggan menjadi tolak ukur berhasilnya suatu usaha karena meningkatkan performance dan memperluas pasang pasar dimana perasaan puas yang akan menimbulkan rencana pembelian ulang atau kesediaan merekomendasikan kepada orang lain. Kepuasan pelanggan pada PT. Panal Kreasi Nusantara dinilai memiliki tingkat kepuasan tinggi, namun perusahaan masih perlu meningkatkan lagi inovasi dan kualitas pelayanan agar pelanggan selain membeli ulang mereka juga bisa merekomendasikan kepada orang lain.
Copyrights © 2025