All Fields of Science Journal Liaison Academia and Sosiety
Vol 5, No 2: Juni 2025 Part 2

Pengaruh Layanan Bimbingan Kelompok Teknik Social Modeling terhadap Pengembangan Empati Siswa SMA Negeri 1 Deli Tua Tahun Ajaran 2024/ 2025

Sartika, Dewi (Unknown)
Asyah, Nur (Unknown)
Syaimi, Khairina Ulfa (Unknown)
Dewi, Ika Sandra (Unknown)



Article Info

Publish Date
28 Jun 2025

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh layanan bimbingan kelompok dengan teknik social modeling terhadap pengembangan empati siswa di SMA Negeri 1 Deli Tua pada tahun ajaran 2024/2025. Latar belakang penelitian ini didasari oleh pentingnya kemampuan empati dalam membentuk kepribadian sosial siswa yang sehat, khususnya dalam interaksi di lingkungan sekolah yang multikultural. Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif dengan desain eksperimen semu (quasi experiment) model one group pretest-posttest design. Subjek penelitian terdiri dari 30 siswa yang dipilih melalui teknik purposive sampling berdasarkan tingkat empati yang rendah. Instrumen pengumpulan data menggunakan angket skala empati yang telah diuji validitas dan reliabilitasnya. Data dianalisis menggunakan uji paired sample t-test dengan bantuan software SPSS versi 25. Hasil analisis menunjukkan bahwa terdapat perbedaan yang signifikan antara skor empati sebelum dan sesudah diberikan layanan bimbingan kelompok dengan teknik social modeling. Peningkatan skor empati siswa menunjukkan bahwa teknik ini efektif dalam menstimulasi perkembangan kesadaran emosional, pemahaman perspektif orang lain, dan perilaku prososial. Temuan ini mengindikasikan bahwa penerapan layanan bimbingan kelompok dengan pendekatan modeling dapat menjadi alternatif strategis dalam program bimbingan dan konseling di sekolah untuk mengembangkan karakter siswa yang empatik, kooperatif, dan toleran. Oleh karena itu, guru BK disarankan untuk mengintegrasikan metode ini secara berkelanjutan dalam kegiatan pembinaan siswa.

Copyrights © 2025