Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis penerapan modal intelektual dan teknologi digital terhadap perkembangan UMKM yang dikelola oleh pengusaha Gen Z di Kota Pangkalpinang. Pendekatan yang digunakan adalah kualitatif dengan metode studi kasus natural bertipe snapshoot, untuk mendalami fenomena pengelolaan UMKM di era digital. Data dikumpulkan melalui wawancara, observasi, dan dokumentasi dari 10 informan yang dipilih melalui teknik purposive sampling. Analisis data dilakukan dengan mencocokkan hasil wawancara dan observasi dengan parameter modal intelektual serta penggunaan teknologi digital yang telah disusun. Hasil penelitian menunjukkan bahwa pengusaha Gen Z secara aktif memanfaatkan modal intelektual berupa kreativitas, pengetahuan pasar, dan keterampilan teknis dalam mengelola UMKM mereka. Teknologi digital, terutama media sosial dan e-commerce memainkan peran penting dalam pemasaran dan peningkatan efisiensi operasional. Temuan ini dikaitkan dengan Teori Kapabilitas Dinamik yang menekankan pentingnya kemampuan adaptasi dan inobasi dalam menghadapi dinamika bisnis yang cepat. Penelitian ini diharapkan dapat memberikan wawasan bagi UMKM di Kota Pangkalpinang untuk dapat meningkatkan data saing di era digital. Kata kunci: Modal Intelektual, Teknologi Digital, Gen Z, UMKM, Digital
                        
                        
                        
                        
                            
                                Copyrights © 2025