Jurnal Bisnis dan Manajemen (JURBISMAN)
Vol. 3 No. 2 (2025): Jurnal Bisnis dan Manajemen (JURBISMAN)

Peran Etika Bisnis Islam dalam Meningkatkan Kepercayaan Konsumen terhadap UMKM Syariah

Khairiyah Fikri Azzahra (Unknown)
Juliana Putri (Unknown)



Article Info

Publish Date
28 Jun 2025

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis peran etika bisnis syariah dalammeningkatkan kepercayaan konsumen terhadap UMKM berbasis syariah. Latar belakangpenelitian ini membahas meningkatnya kesadaran konsumen modern terhadap nilai-nilaietika dalam kegiatan bisnis, serta pentingnya kepercayaan konsumen dalam mendukungkeberlanjutan bisnis. Metode yang digunakan adalah penelitian kualitatif denganpendekatan studi pustaka, menggunakan berbagai sumber ilmiah dari jurnal terindeksyang relevan dengan tema etika bisnis Islam dan perilaku konsumen. Hasil penelitianmenunjukkan bahwa penerapan prinsip-prinsip etika bisnis syariah seperti kejujuran(ṣidq), kepercayaan, keadilan, dan tanggung jawab sosial, mampu membangun citrapositif dan memperkuat kepercayaan konsumen. Etika bisnis tidak hanya berfungsisebagai pedoman moral, tetapi juga menjadi alat strategis untuk meningkatkan loyalitaspelanggan, kepuasan konsumen, dan daya saing bisnis. UMKM yang mempraktikkanprinsip-prinsip etika dalam kegiatan bisnisnya telah terbukti mampu menciptakanhubungan yang harmonis dengan konsumen dan mendapatkan kepercayaan jangkapanjang. Kesimpulan dari penelitian ini menyebutkan bahwa etika bisnis syariah berperanpenting dalam membentuk persepsi positif terhadap UMKM syariah, serta berkontribusidalam meningkatkan kepuasan dan loyalitas konsumen. Oleh karena itu, penerapan nilainilai syariah dalam dunia usaha menjadi kunci keberhasilan bisnis syariah di tengahpersaingan pasar yang semakin ketat.

Copyrights © 2025






Journal Info

Abbrev

jurbisman

Publisher

Subject

Humanities Decision Sciences, Operations Research & Management Economics, Econometrics & Finance Social Sciences Other

Description

Jurnal Bisnis dan Manajemen (JURBISMAN) adalah kumpulan jurnal, artikel, ide, konsep, teori dan hasil penelitian dari berbagai bidang yang berkaitan dengan lingkup Manajemen Pemasaran, Manajemen Keuangan, Manajemen Sumber Daya Manusia, Manajemen Bisnis, Manajemen Strategi dan Kewirausahaan. Jurnal ...