Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis dan mendeskripsikan peran guru Pendidikan agama islam dalam membentuk profil pelajar Pancasila pada siswa kelas IV MI GUPPI Pagentan Banjarnegara. Jenis penelitian ini menggunakan menggunakan penelitian kualitatif deskriptif dengan teknik pengumpulan melalui wawancara, observasi, dan dokumentasi di lingkungan sekolah.  Hasil penelitian menunjukan bahwa guru PAI memiliki peran penting yaitu sebagai pendidik, pembimbing teladan, motivator, dan fasilitator dalam menanamkan nilai nilai pelajar pancasila seperti keimanan, gotong royong, mandiri, dan berakhlak, integrasi nilai melalui pembelajaran dan pembiasaan. Metode yang digunakan yaitu based learning, pembiasaan serta pendekatan personal. Faktor pendukung antara lain lingkungan sekolah yang religius dan dukungan kepala sekolah. Sedangkan faktor penghambatnya adalah kurangnya dukungan dari orang tua dan kurangnya kedisiplinan siswa.
                        
                        
                        
                        
                            
                                Copyrights © 2025