Journal of Management and Innovation Entrepreneurship (JMIE)
Vol. 2 No. 3 (2025): April

FAKTOR-FAKTOR YANG MEMPENGARUHI PENYERAPAN ANGGARAN BERBASIS KINERJA PADA SATKER PEMERINTAHAN KABUPATEN KAUR

Yusmaniarti (Unknown)
delvi, Delvi Afriani (Unknown)
Hutabarat, Selvin Marsa (Unknown)



Article Info

Publish Date
30 Apr 2025

Abstract

Penelitian ini merupakan penelitian asosiatif kausal dengan menggunakan pendekatan kuantitatif untuk mengetahui pengaruh antara dua variabel atau lebih bertujuan untuk mengetahui pengaruh faktor-faktor yang mempengaruhi penyerapan anggaran di pemerintahan kabupaten kaur. Jenis data yang digunakan dalam penelitian adalah data primer dan sekunder yang berupa hasil survei terhadap responden dari kuesioner dan dokumen hasil laporan keuangan pemerintah. Teknik pengambilan sampel pada penelitian ini adalah non probability sampling dengan teknik pengambilan sampel kuota dengan kreteria “organisasi pemerintahan daerah yang berstatus dinas daerah dan badan daerah”. Dengan jumlah populasi 41 SKPD dan jumlah sampel 26 SKPD. Hasil penelitian yang telah dilakukan : (1) Variabel Komitmen Organisasi tidak berpengaruh terhadap Penyerapan Anggaran. (2) Variabel Perencanaan Anggaran tidak berpengaruh terhadap Penyerapan Anggaran. (3) Variabel Sistem Pengendalian Internal tidak berpengaruh terhadap Penyerapan Anggaran. (4) Variabel Pengadaan Barang dan Jasa tidak berpengaruh terhadap Penyerapan Anggaran. Hasil penelitian ini memberikan wawasan kepada instansi pemerintahan dalam memfokuskan kinerja untuk meningkatkan penyerapan anggaran dengan memperhatikan komitmen dalam organisasi, perencanaan anggaran, sistem pengendalian internal dan pengadaan barang dan jasa.

Copyrights © 2025






Journal Info

Abbrev

jmie

Publisher

Subject

Decision Sciences, Operations Research & Management Economics, Econometrics & Finance Environmental Science Social Sciences Other

Description

Journal of Management and Innovation Entrepreneurship (JMIE) is a national journal as a scientific study media results of research, thinking, and critical-analytical studies on research in the fields of marketing management, financial management, SDM management, operations/production management, ...