Literasi budaya merupakan salah satu gerakan literasi nasional yang penting untuk dikuasai oleh peserta didik di abad ke-21 di Indonesia. Penelitian ini bertujuan untuk mengkaji konsep dasar literasi budaya yang mencakup pengertian literasi budaya, prinsip-prinsip dasar literasi budaya, indikator literasi budaya, dan strategi gerakan literasi budaya di sekolah dasar. Metode penelitian yang digunakan adalah kajian literatur dengan pendekatan deskriptif kualitatif. Hasil penelitian menunjukkan bahwa literasi budaya merupakan kemampuan untuk memahami keberagaman dan tanggung jawab sebagai warga negara dari suatu bangsa yang mencakup pemahaman terhadap nilai-nilai, norma, kepercayaan, dan praktik-praktik budaya. Prinsip dasar literasi budaya meliputi budaya sebagai alam pikir melalui bahasa dan perilaku, kesenian sebagai produk budaya, kewargaan multikultural dan partisipatif, nasionalisme, inklusivitas, dan pengalaman langsung. Indikator literasi budaya terbagi dalam tiga basis yaitu basis kelas, basis budaya sekolah, dan basis masyarakat. Strategi gerakan literasi budaya di sekolah meliputi bengkel kreatif berbahasa daerah, pelatihan guru dan tenaga kependidikan, pelatihan pembuatan permainan edukatif, dan forum diskusi bagi warga sekolah. Implementasi literasi budaya di sekolah dasar memerlukan pendekatan holistik dan kerja sama yang erat antarstakeholder, termasuk pemerintah dan lembaga pendidikan tinggi.
Copyrights © 2025