Tujuan dari studi ini adalah untuk mengetahui bagaimana Strategi Pemerintah Nagari mempengaruhi kualitas pelayanan publik di Kantor Wali Nagari Kampung Batu Dalam Kecamatan Danau Kembar.  Penelitian deskripsi kualitatif adalah metode yang digunakan.  Sumber data primer adalah jenis sumber yang digunakan oleh peneliti.  Metode pengumpulan data yang digunakan dalam penelitian ini meliputi dokumentasi, wawancara, dan observasi.  Tiga belas orang menjadi informan dalam penelitian ini, termasuk lima orang anggota masyarakat Kampung Batu Dalam di Kecamatan Danau Kembar, Kabupaten Solok, tujuh orang perangkat nagari, dan satu orang tokoh pemuda. Temuan penelitian menunjukkan bahwa strategi Pemerintah Nagari untuk meningkatkan kualitas pelayanan publik di Kantor Wali Nagari Kampung Batu Dalam, Kecamatan Danau Kembar, mencakup langkah-langkah untuk meningkatkan kepuasan masyarakat, meningkatkan efektivitas dan efisiensi pelayanan, dan menggunakan teknologi seperti WhatsApp.  Disiplin internal, pembentukan kelompok masyarakat, dan partisipasi masyarakat dalam pengambilan keputusan digunakan dalam perumusan dan pelaksanaan rencana strategis.  Kemudahan akses terhadap layanan administrasi dan pelatihan yang sering dilakukan untuk meningkatkan kompetensi sumber daya manusia (SDM) merupakan contoh inovasi yang sedang berjalan. nilai kolaborasi masyarakat dan sektor publik dalam memberikan layanan publik yang lebih baik, lebih terbuka, dan berbasis kebutuhan.
                        
                        
                        
                        
                            
                                Copyrights © 2025