Kurangnya hasil belajar siswa di sekolah menjadi pusat perhatian kepada guru bidang studi di sekolah tersebut. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh pendekatan pendidikan matematika realistik Indonesia terhadap hasil belajar siswa kelas IV SDN 7 Sopai. Turunnya hasil belajar siswa kelas IV SDN 7 Sopai tentu ada faktor yang mempengaruhi. Hasil penelitian ini dapat menjadi sumber pengetahuan dan upaya dalam menagnggulangi terjadinya penurunan hasil belajar siswa kelas IV SDN 7 Sopai, Kecamatan Sopai’, Kabupaten Toraja Utara. Dalam skripsi ini, peneliti menggunakan pendekatan kualitatif dan jenis penelitian Eksperimen, dengan teknik pengumpulan data test dan dokumentasi. Hasil analisa data menunjukkan bahwa ada faktor yang menyebabkan hasil belajar siswa menurun. Faktor tersebut, yaitu siswa kesulitan dalam belajar matematika yang disebabkan oleh siswa kurang memahami materi dan malu untuk bertanya kepada guru.
Copyrights © 2025