Penelitian ini memiliki tujuan untuk menganalisis faktor-faktor yang mempengaruhi profitabilitas pada perusahaan asuransi umum di Indonesia. Faktor internal diukur menggunakan age of the company, liquidity ratio, leverage ratio, tangibility of asset, premium growth, loss ratio, managerial efficiency, serta size of the company. Faktor makroekonomi diukur menggunakan pertumbuhan GDP dan tingkat inflasi. Profitabilitas sebagai variabel dependen diukur menggunakan return on assets (ROA). Sampel yang digunakan sebanyak 41 perusahaan asuransi umum yang terdaftar di Otoritas Jasa Keuangan dan Bursa Efek Indonesia selama lima tahun periode 2019-2023. Teknik pengambilan sampel yang digunakan adalah purposive sampling dan metode analisis regresi data panel. Premium growth memiliki pengaruh positif terhadap profitabilitas, sedangkan tangibility of asset dan loss ratio memiliki pengaruh negatif terhadap profitabilitas. Selain itu, ditemukan hasil bahwa age of the company, liquidity ratio, leverage ratio, managerial efficiency, size of the company, growth rate of gross domestic product (GDP), serta inflation rate tidak memiliki pengaruh terhadap profitabilitas. Diharapkan manajer perusahaan asuransi umum untuk dapat mempertahankan dan meningkatkan premium growth serta meminimalisir tangibility of asset dan loss ratio agar profitabilitas meningkat. Premium growth yang besar menjadi pertanda baik untuk investor karena hal tersebut memiliki arti bahwa perusahaan memiliki profitabilitas yang baik.
Copyrights © 2025