Kepemimpinan memiliki peranan penting dalam kehidupan kebangsaan, dan kenegaraan. Dalam konteks Pendidikan Pancasila dan Kewarganegaraan (PPKn), kepemimpinan bukan sekadar kemampuan untuk memimpin, tetapi juga mencerminkan komitmen seorang pemimpin terhadap nilai-nilai Pancasila serta kesadaran akan tanggung jawab sebagai warga negara. Tujuan utama dari kepemimpinan adalah untuk menciptakan kemajuan bersama demi bangsa dan negara. Keberadaan pemimpin yang memiliki visi dan kualitas tinggi adalah salah satu faktor kunci yang menentukan kemajuan suatu bangsa. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif, di mana data dikumpulkan melalui observasi, wawancara, dan dokumentasi. Dalam penelitian ini, partisipan yang terlibat adalah seorang guru Pendidikan Pancasila dan Kewarganegaraan (PPKn) yang mengajar di kelas X di SMA Santo Yoseph Medan. Tujuan utama dari penelitian ini adalah untuk mengidentifikasi beragam strategi yang diterapkan oleh guru PPKn dalam menerapkan kepemimpinan di lingkungan kelas.
Copyrights © 2025