Penelitian ini bertujuan menganalisis pengaruh label halal terhadap keputusan pembelian produk makanan kemasan dengan religiusitas sebagai variabel intervening di kalangan konsumen Muslim di Kabupaten Bone. Indonesia sebagai Negara dengan penduduk mayoritas Muslim mendorong untuk dilakukan penelitian ini. Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif dengan metode survei yang melibatkan 100 responden. Analisis data dilakukan menggunakan (SEM) dengan perangkat lunak SmartPLS 4. Hasil penelitian menunjukkan bahwa label halal berpengaruh positif dan signifikan terhadap religiusitas (T statistic 4,657; P value 0,000) dan keputusan pembelian (T statistic 4,738; P value 0,000). Selain itu, religiusitas juga memiliki pengaruh positif yang signifikan terhadap keputusan pembelian (T statistic 2,655; P value 0,004). Religiusitas berperan sebagai variabel intervening yang memperkuat hubungan antara label halal dan keputusan pembelian, dengan nilai R-square keputusan pembelian sebesar 0,421 dan religiusitas 0,380. Temuan ini menunjukkan label halal tidak hanya memengaruhi keputusan pembelian secara langsung, tetapi juga melalui peningkatan religiusitas konsumen. Untuk meningkatkan keputusan pembelian maka produsen harus memperhatikan kehalalan suatu produk dan mengurus sertifikat halalnya.
Copyrights © 2025