J-CEKI
Vol. 4 No. 4: Juni 2025

Pengaruh Label Halal terhadap Keputusan Pembelian Produk Makanan Kemasan melalui Religiusitas pada Konsumen Muslim

Helmi, Helmi (Unknown)
Fahrika, Andi Ika (Unknown)
Fitriani, Fitriani (Unknown)



Article Info

Publish Date
27 Jun 2025

Abstract

Penelitian ini bertujuan menganalisis pengaruh label halal terhadap keputusan pembelian produk makanan kemasan dengan religiusitas sebagai variabel intervening di kalangan konsumen Muslim di Kabupaten Bone. Indonesia sebagai Negara dengan penduduk mayoritas Muslim mendorong untuk dilakukan penelitian ini. Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif dengan metode survei yang melibatkan 100 responden. Analisis data dilakukan menggunakan (SEM) dengan perangkat lunak SmartPLS 4. Hasil penelitian menunjukkan bahwa label halal berpengaruh positif dan signifikan terhadap religiusitas (T statistic 4,657; P value 0,000) dan keputusan pembelian (T statistic 4,738; P value 0,000). Selain itu, religiusitas juga memiliki pengaruh positif yang signifikan terhadap keputusan pembelian (T statistic 2,655; P value 0,004). Religiusitas berperan sebagai variabel intervening yang memperkuat hubungan antara label halal dan keputusan pembelian, dengan nilai R-square keputusan pembelian sebesar 0,421 dan religiusitas 0,380. Temuan ini menunjukkan label halal tidak hanya memengaruhi keputusan pembelian secara langsung, tetapi juga melalui peningkatan religiusitas konsumen. Untuk meningkatkan keputusan pembelian maka produsen harus memperhatikan kehalalan suatu produk dan mengurus sertifikat halalnya.

Copyrights © 2025






Journal Info

Abbrev

J-CEKI

Publisher

Subject

Humanities Social Sciences

Description

J-CEKI : Jurnal Cendekia Ilmiah diterbitkan oleh CV. ULIL ALBAB CORP. J-CEKI terbit 6 kali dalam setahun atau tiap 2 bulan sekali. J-CEKI menerbitkan artikel bidang Humaniora dan Ilmu Sosial. Humaniora: Bahasa dan Linguistik, Sejarah, Sastra, Seni Pertunjukan, Filsafat, Agama, Seni Rupa. Ilmu ...