Berdasarkan pernyataan dari Organisasi Kesehatan Dunia (WHO), rumah sakit merupakan elemen penting dalam sistem sosial maupun kesehatan yang memiliki peran dalam masyarakat menyediakan layanan medis secara menyeluruh, termasuk tindakan pencegahan serta penanganan darurat secara luas. Penelitian ini merupakan penelitian analitik dengan desain cross sectional yang dilakukan di RSUD Rantauprapat pada bulan Februari hingga Maret 2025. Penelitian menggunakan pendekatan kuantitatif dengan metode komparatif untuk membandingkan kepuasan pasien JKN dan pasien umum. Data yang digunakan berupa data primer dan sekunder, dengan instrumen berupa kuesioner berdasarkan lima dimensi kualitas pelayanan: Tangible, Reliability, Responsiveness, Assurance, dan Empathy, yang diukur menggunakan skala Likert. Sampel dipilih secara Accidental Sampling dari pasien rawat jalan yang memenuhi kriteria inklusi dan eksklusi. Jumlah populasi pasien rawat jalan tahun 2024 adalah 130.488, terdiri dari 5.023 pasien umum dan 125.465 pasien JKN. Sampel sebanyak 136 responden, masing-masing 68 pasien JKN dan 68 pasien umum, ditentukan menggunakan rumus Isaac dan Michael. Data dianalisis menggunakan uji Mann-Whitney U karena data tidak berdistribusi normal.
Copyrights © 2025