Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas (PTK). Motivasi utama dalam penelitian ini adalah untuk mengetahui apakah pendekatan pembelajaran berbasis masalah (PBL) dapat membantu peserta didik kelas I di SD Supriyadi pada mata pelajaran matematika dalam meningkatkan kinerja peserta didik di kelas. Jumlah sampel yang digunakan dalam penelitian ini adalah sebanyak 27 peserta didik, 10 peserta didik perempuan dan 17 peserta didik laki-laki kelas I SD Supriyadi. Penelitian ini menggunakan metode deskriptif kuantitatif untuk menilai nilai tes dan hasil belajar peserta didik guna menyusun data. Ketuntasan hasil belajar peserta didik siklus 1 sebesar 52% dengan rata-rata kelas 65, menurut penelitian masuk dalam kategori kriteria ketuntasan yang memerlukan pengarahan. Siklus 2 dengan rata-rata kelas keseluruhan sebesar 80, maka 78% hasil belajar siklus 2 tuntas, memenuhi kriteria ketuntasan sangat baik. Setelah melihat hasilnya, peneliti sampai pada kesimpulan bahwa paradigma pembelajaran PBL membantu peserta didik kelas I SD Supriyadi dalam meningkatkan nilai matematika.
Copyrights © 2025