Alpen: Jurnal Pendidikan Dasar
Vol. 9 No. 1 (2025): Januari-Juni 2025

PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN PROBLEM BASED LEARNING UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR MATEMATIKA KELAS I SD SUPRIYADI SEMARANG

Jaswadi, Mia Oktavia (Unknown)
Aries Tika Damayani (Unknown)



Article Info

Publish Date
28 Apr 2025

Abstract

Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas (PTK). Motivasi utama dalam penelitian ini adalah untuk mengetahui apakah pendekatan pembelajaran berbasis masalah (PBL) dapat membantu peserta didik kelas I di SD Supriyadi pada mata pelajaran matematika dalam meningkatkan kinerja peserta didik di kelas. Jumlah sampel yang digunakan dalam penelitian ini adalah sebanyak 27 peserta didik, 10 peserta didik perempuan dan 17 peserta didik laki-laki kelas I SD Supriyadi. Penelitian ini menggunakan metode deskriptif kuantitatif untuk menilai nilai tes dan hasil belajar peserta didik guna menyusun data. Ketuntasan hasil belajar peserta didik siklus 1 sebesar 52% dengan rata-rata kelas 65, menurut penelitian masuk dalam kategori kriteria ketuntasan yang memerlukan pengarahan. Siklus 2 dengan rata-rata kelas keseluruhan sebesar 80, maka 78% hasil belajar siklus 2 tuntas, memenuhi kriteria ketuntasan sangat baik. Setelah melihat hasilnya, peneliti sampai pada kesimpulan bahwa paradigma pembelajaran PBL membantu peserta didik kelas I SD Supriyadi dalam meningkatkan nilai matematika.

Copyrights © 2025






Journal Info

Abbrev

alpen

Publisher

Subject

Other

Description

Alpen: Jurnal Pendidikan Dasar Contains writings on conceptual ideas, studies equipped with research results or literature, and application of theories related to education, especially in the field of primary school education. Alpen: Jurnal Pendidikan Dasar is a journal that aims to be a forum of ...