Alpen: Jurnal Pendidikan Dasar
Vol. 9 No. 1 (2025): Januari-Juni 2025

PEMANFAATAN PENGGUNAAN MEDIA PEMBELAJARAN WORDWALL DALAM MENINGKATKAN HASIL BELAJAR MATEMATIKA PESERTA DIDIK KELAS 1 DI SDN PANDEANLAMPER 03

Masturi, Hesti Malinda (Unknown)
Artharina, Filia Prima (Unknown)
Martatik, Martatik (Unknown)



Article Info

Publish Date
28 Apr 2025

Abstract

Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui peningkatan hasil belajar matematika peserta didik kelas 1 SDN Pandeanlamper 03 Semarang melalui pemanfaatan penggunaan media wordwall. Subyek penelitian yang digunakan adalah kelas 1 yang berjumlah 28 anak. Penelitian yang dilakukan adalah penelitian tindakan kelas (PTK) yang terdiri dari pra siklus, siklus I, dan siklus II berdasarkan permasalahan yang terjadi di dalam kelas. Pada siklus ini terdiri dari 4 tahapan yaitu perencanaan, pelaksanaan, observasi dan refleksi. Data yang dikumpulkan melalui pengumpulan tes hasil belajar peserta didik. Hasil penelitian menunjukkan : Terjadi peningkatan hasil belajar matematika kelas 1 SDN Pandeanlamper 03 Semarang dimana rata-rata hasil belajar peserta didik dari siklus 1 berkisar 64% menjadi 82% pada siklus II dengan kategori sangat baik dan melebihi kriteria ketuntasan. Pembelajaran dikelas juga meningkat terlihat dari peningkatan rasa semangat dan fokus memperhatikan ketika pembelajaran berlangsung.

Copyrights © 2025






Journal Info

Abbrev

alpen

Publisher

Subject

Other

Description

Alpen: Jurnal Pendidikan Dasar Contains writings on conceptual ideas, studies equipped with research results or literature, and application of theories related to education, especially in the field of primary school education. Alpen: Jurnal Pendidikan Dasar is a journal that aims to be a forum of ...