Jurnal Peduli : Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat
Vol. 4 No. 2 (2025)

PEMBERDAYAAN MASYARAKAT: PENYULUHAN POLA ASUH ANAK BERDASARKAN TAHAP PERKEMBANGAN DI DESA SEMPOL

Bintang Krismiani (Unknown)
Tri Hayati, Kemala Diah (Unknown)
Dicky Andrean (Unknown)
Embun Sindu Waludani (Unknown)
Yogi Febriansyah (Unknown)
Kaifa Mahardika Muhammad Priyadi (Unknown)
Tri Hardyanthi (Unknown)
Sri Wahyuni (Unknown)



Article Info

Publish Date
22 Apr 2025

Abstract

Pola asuh orang tua berperan penting dalam perkembangan anak, baik secara fisik, emosional, maupun sosial. Namun, pemahaman masyarakat mengenai hal tersebut masih terbatas. Program pemberdayaan masyarakat ini bertujuan untuk meningkatkan kesadaran dan pemahaman orang tua mengenai pola asuh yang sesuai dengan tahap perkembangan anak melalui penyuluhan yang dilakukan di Desa Sempol, Kecamatan Sukoharjo, Kabupaten Wonosobo. Metode yang digunakan adalah ceramah, diskusi, dan tanya jawab, dengan pendekatan berbasis tiga tahap, yaitu perencanaan, pelaksanaan, dan evaluasi. Hasil kegiatan menunjukkan adanya peningkatan pemahaman peserta mengenai pola asuh yang tepat sesuai dengan tahapan perkembangan anak. Selain itu, peserta juga memperoleh keterampilan praktis dalam menerapkan pola asuh yang sesuai untuk mendukung perkembangan optimal anak mereka. Kesimpulan dari program ini adalah bahwa penyuluhan pola asuh berbasis tahap perkembangan dapat menjadi strategi yang efektif dalam meningkatkan kualitas pengasuhan di lingkungan keluarga. Oleh karena itu, diharapkan kegiatan serupa dapat terus dikembangkan secara berkelanjutan dengan dukungan komunitas lokal.

Copyrights © 2025






Journal Info

Abbrev

peduli

Publisher

Subject

Environmental Science Law, Crime, Criminology & Criminal Justice

Description

Scope Peduli : Jurnal PkM Pengabdian kepada Masyarakat focuses on publishing articles about the results of community service activities in any form, whether in the form of products or in the form of modules and methods. This journal contains publications from all fields of science, both education, ...