Restoran merupakan salah satu fasilitas dalam industri layanan makanan dan bagian dari akomodasi pariwisata yang berperan dalam memenuhi kebutuhan wisatawan atau pelanggan. Saat ini, pencatatan transaksi di restoran masih dilakukan secara manual, namun dengan perkembangan teknologi, restoran berencana untuk mengadopsi sistem digital guna mempermudah penyusunan laporan penjualan dan pengembangan strategi pemasaran yang lebih efektif. Dalam menghadapi persaingan dikawasan wisata, system digital saja tidak cukup namun juga perlu strategi dalam menarik pelanggan. Tujuan dalam penelitian ini adalah membuat aplikasi penjualan dan melakukan analisis hasil dari transaksi penjualan tersebut. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah Algoritma Apriori dengan pengujian menggunakan lift ratio. Data yang digunakan merupakan data transaksi sebanyak 1017 dari bulan juli hingga September. Hasil dari penelitian ini adalah apalikasi yang mampu melakukan analisis menggunakan metode Apriori. Hasil dari analisis yang diperoleh beberapa pola yang dapat dijadikan rekomendasi restoran dalam memberikan promo salah satunya kombinasi mendoan, teh, ikan bakar, cah kangkung dan Nasi.
Copyrights © 2025