Transformasi sistem pembayaran di Indonesia, seperti dengan hadirnya QRIS dan kartu debit, telah mengubah perilaku konsumen dan mendorong pembelian impulsif di ritel, selain itu strategi harga rendah juga mempengaruhi keputusan pembelian. Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis pengaruh implementasi QRIS, penggunaan kartu debit, dan strategi harga rendah terhadap pembelian impulsif di ritel Mr. DIY di Kota Kupang. Metode penelitian yang digunakan adalah deskriptif kuantitatif. Data dikumpulkan menggunakan kuesioner online sebanyak 96 orang yang merupakan konsumen Mr. DIY, dan dianalisis dengan bantuan SPSS (Statistical Practice For Social Science). Hasil penelitian menunjukkan bahwa implementasi QRIS, penggunaan kartu debit, dan strategi harga rendah memiliki pengaruh signifikan terhadap pembelian impulsif. Kemudahan transaksi digital mempermudah konsumen dalam berbelanja tanpa hambatan uang tunai, sementara strategi harga rendah mendorong pembelian spontan. Dengan demikian, penerapan pembayaran digital dan strategi harga kompetitif dapat menjadi strategi efektif bagi perusahaan ritel dalam meningkatkan volume penjualan dan memperluas basis pelanggan
Copyrights © 2025