Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis pengaruh motivasi kerja, pengalaman magang, dan soft skill terhadap employability mahasiswa akuntansi STIE YKPN Yogyakarta. Employability dalam konteks ini merujuk pada kemampuan lulusan untuk memperoleh dan mempertahankan pekerjaan yang sesuai dengan bidang studinya. Menggunakan pendekatan kuantitatif dengan metode survei terhadap 123 responden, data dianalisis melalui regresi linier berganda. Hasil penelitian menunjukkan bahwa motivasi kerja dan soft skill berpengaruh positif dan signifikan terhadap employability mahasiswa, dengan nilai signifikansi masing-masing 0,010 dan 0,001. Sebaliknya, pengalaman magang tidak berpengaruh signifikan (p = 0,513). Temuan ini menegaskan pentingnya penguatan faktor internal dan kemampuan interpersonal dalam menyiapkan mahasiswa menghadapi tantangan dunia kerja. Penelitian ini memberikan implikasi praktis bagi perguruan tinggi untuk menekankan pengembangan soft skill dan motivasi kerja dalam kurikulum pendidikan akuntansi guna meningkatkan daya saing lulusan di pasar tenaga kerja. Kata Kunci: Employability, Motivasi Kerja, Pengalaman Magang, Soft Skill
Copyrights © 2025