Pinisi Journal of Community Service
Volume 2, Nomor 1, 2025

Pengembangan Media Pembelajaran BSAP di SMK Negeri 4 Makassar

Arhas, Sitti Hardiyanti (Unknown)
Nurfausiah, Sitti (Unknown)
Awaliah, Rifkah (Unknown)
Nirwana, Nirwana (Unknown)
Putri, Ariskawati Dwi (Unknown)



Article Info

Publish Date
31 May 2025

Abstract

Kegiatan pengabdian ini bertujuan untuk mengembangkan media pembelajaran berbasis video model sebagai upaya meningkatkan pemahaman siswa terhadap prosedur pengelolaan surat masuk pada mata pelajaran kompetensi keahlian manajemen perkantoran di SMK Negeri 4 Makassar. Berdasarkan hasil observasi dan wawancara, ditemukan bahwa media pembelajaran yang digunakan sebelumnya masih berupa alat peraga konvensional yang kurang efektif dan membatasi pemahaman siswa terhadap alur kerja administrasi secara menyeluruh. Oleh karena itu, tim pengabdian menyusun media video yang menampilkan simulasi nyata dari setiap tahapan pengelolaan surat masuk, mulai dari penerimaan surat hingga penyimpanan secara fisik dan elektronik. Proses produksi dilakukan dengan melibatkan anggota tim sebagai pemeran, pengambilan gambar langsung, dan pengeditan menggunakan aplikasi Canva. Media ini dirancang dalam bentuk video berdurasi pendek yang mencakup sembilan segmen utama, dilengkapi narasi dan visualisasi prosedur kerja kantor. Hasil uji coba menunjukkan bahwa media video model mampu meningkatkan minat belajar siswa, memperjelas pemahaman terhadap proses kerja, serta mempermudah guru dalam menyampaikan materi secara sistematis. Dengan demikian, pengembangan media ini diharapkan dapat menjadi model pembelajaran alternatif yang kontekstual, adaptif terhadap perkembangan teknologi, dan relevan dengan kebutuhan pendidikan vokasional.

Copyrights © 2025






Journal Info

Abbrev

pjcs

Publisher

Subject

Religion Humanities Economics, Econometrics & Finance Library & Information Science Other

Description

Pinisi Journal of Community Service dengan ISSN: 3047-8553 (Online) merupakan Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat yang dikelola oleh Program Studi Pendidikan Administrasi Perkantoran Fakultas Ilmu Sosial Universitas Negeri Makassar menerima artikel hasil pengabdian kepada masyarakat (Multidisiplin) ...